Apa Itu NPC ?


Apa itu NPC ?, Mungkin ini terdengar asing bagi para Non-Gamers namun para gamers atau para pencinta game pasti tau dengan krakter yang satu ini, Merupakan krakter yang dapat bergerak sendiri dalam game, Baik itu bergerak reandom ataupun melakukan suatu hal,  Nah krakter inilah yang disebut dengan NPC atau Non-Playable Character .
Dan apakah fungsinya para NPC ini didalam dunia game ?, NPC atau kepanjangan dari Non-Playable Character adalah karakter yang menjadi bagian dari game, Tapi para Player secarah arfia tidak bisa mengontrol atau memainkannya, Jadi NPC ini dikontrol oleh komputer.
Nah bagaimana komputer dapat mengontrol NPC dalam game ?, Dalam dunia komputer sendiri setiap program ataupun aplikasi adalah kumpulan baris perintah yang memiliki tugas dan fungsinya masing-masing, Yang biasa dikenal dengan istila koding dalam ilmu komputer.

Sebagai contoh saat kita menekan huruf "F" dikeyboard maka dimonitor juga akan tertampil huruf "F", Itu karena ada sebuah perintah dalam komputer yang mengatur hal itu, Nah begitu juga dengan game yang memang adalah sebuah aplikasi, Dengan begitu game merupakan barisan perintah yang telah dibuat, Dan akan terpresentasikan dalam game nantinya barisan perintah ini termasuk juga dengan perintah untuk mengatur ataupun mengontrol NPC, Baik perilakunya dan juga tingkalakunya.
Pada awalnya NPC merupakan dasar dari game bergenre Role-Playing game atau RPG

, Karena NPC inilah yang membantu para player baik dalam memahami cara bermain ataupun mendrive alur cerita pada game, Awalnya NPC didalam game RPG hanya merupakan monolok yang dimana akan menampilkan kontak dialog ataupun katsin percakapan yang akan mendukung alur ceritanya, Ataupun menjelaskan cara bermain kepada para player dan sifatnya pasti tanpa ada opsilain.
Lalu selanjutnya peran NPC mulai ditingkatkan dengan adanya dialog bercabang atau Tree Dialogue

, Dimana jenis dialog ini sering kita temukan digame-game RPG sekarang, Dan sifatnya lebih kompleks dari bentuk monolognya, Karena NPC akan menyediakan lebih dari satu opsi yaitu yang bisa dipilih oleh para player, Dan setiap opsi itu akan mempengaruhi tingka laku NPC atau bahkan mempengaruhi alur cerita dari gamenya.
Dan seiring berkembangnya industri game peran NPC menjadi lebih luas dengan hadir sebagai aspek paling penting untuk membuat dunia dalam game lebih hidup.
Seperti pada beberapa game yang berisikan begitu banyak NPC untuk membuat dunia dalam game menjadi hidup salah satu Contohnya pada game-game buatan Rockstar, para NPC ini termasuk Hewan

, Civilians

, dan juga karakter-karakter Enemy.

Para NPC ini diberikan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan sesuai jenis dari krakter NPC tersebut, Hal ini untuk menyesuaikan diri dilingkungan sekitar.

0 Komentar