BAGAIMANA PROSES PEMBUATAN GAME ?


Pada saat kalian bermain game apakah muncul pertanyaan di benak kalian ?, Bagaimana game dibuat dan proses-prosesnya ?.

Game pada dasarnya dibuat dengan berbagai tahapan yang sanggat panjang sampai bisa di rilis di pasaran, Pada kali ini saya akan memberikan tujuh tahapan yang merupakan tahapan-tahapan dalam membuat sebuah game, Atau bisa juga dibilang sebagai proses-proses pembuatan game.

Gamersmine2.blogspot.com
GAME
Tahapan pertama dalam membuat sebuah game yaitu adalah, Tahap riset dan penyusunan sebuah konsep dari game yang akan dibuat, Tahapan ini termasuk dalam tahapan pre-production dalam tahapan ini berbagai elemen dasar dari sebuah game ditentukan, Mulai dari genre, Target audiens, Teknologi, platfrom, Serta berbagai batasan lainnya yang akan dirumuskan, Tahapan riset ini merupakan tahapan yang sangaat krusial dari sebuah pembuatan game.

Tahap selanjutnya adalah perumusan gameplay, Pada tahapan yang satu ini para game designer akan merumuskan gameplay dan sebuah mekanisme yang akan dimasukan dalam game yang akan dibangun, Gameplay adalah pola aturan atau mekanisme yang mengatur berbagai proses interaksi player dengan sebuah game.

Gamersmine2.blogspot.com
GamePlay
Gameplay juga mengatur bagaimana seorang player dapat menemuhi sebuah objek dalam sebuah game sehinga dapat mendapatkan pengalaman bermain yang menyenangkan.

Tahap selanjutnya ini akan fokus pada penyusunan konsep, Dari semua aset seperti karakter dan juga termasuk suara dan musik.

Pada saat yang sama juga akan memulai melakukan level desain, Atau pengelompokan tingkat kesulitan serta berbagai aset yang tepat pada setiap level, Agar game tersebut bisa menghadirkan pengalaman bermain yang optimal.

Gamersmine2.blogspot.com
Level Desain
Pada tahapan yang keempat ini sebuah game akan dibuat sebuah prototype, Yang dihadirkan untuk menguji gameplay, serta berbagai konsep yang telah disusun baik dalam setiap level ataupun secara keseluruhan, Serta melakukan berbagai perbaikan yang diperlukan, Tahapan ini berfungsi untuk memberikan sebuah gambaran lengkap untuk memudahkan proses pengembangan yang selanjutnya.

Gamersmine2.blogspot.com
prototype
Selanjutnya pada tahapan yang kelima ini proses production dijalankan, Seluruh konsep seperti krakter dan aset yang sebelumnya telah tersusun mulai dikembangan secara penuh, Semua mekanisme mulai dibangun dengan menggunakan Game Engine dan semua elemen telah dipadukan.

Gamersmine2.blogspot.com
Game Engine
Tahapan selanjutnya yaitu tahapan untuk merilis versi alpa atau beta, Dimana fokusnya adalah untuk mengetahui apakah semua komponen utama yang ada telah mampu memberika user experience, Seperti yang telah diharapkan sebelumnya sekaligus juga untuk mengetahui adanya masalah teknis yang belum terdeteksi.

Pada tahapan yang ketujuh atau pada tahapan yang terakhir ini Game telah siap dirilis, Ketika sebuah game dirilis bukan berarti proses pengembangan telah selesai, Tapi akan terus mengoptimalkan dalam bentuk update, Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa game yang dihadirkan benar-benar mampu memberikan pengalaman bermain yang maksimal.

0 Komentar