Penyebab Ponsel Makin Lemot Seiring Bertambah Umur

 Sebuah ponsel yang makin lemot, merupakan hal yang biasa ditemui. Hal ini jelas berbanding terbalik dengan wine yang semakin lama disimpan akan semakin berkualitas dan nikmat untuk diminum. Penyebab ponsel yang makin lemot adalah banyaknya ruang yang terpakai untuk menyimpan aplikasi, foto, video, dan hingga riwayat pencarian di browser. Hal ini membuat memori ponsel menjadi penuh.


 Memakai ponsel dengan ruang penyimpanan yang tinggal tersisa sedikit akan membuat ponsel melambat. Untuk mengantisipasinya singkirkan aplikasi yang tidak lagi perlu, hapus foto dan video yang memiliki cadangan di tempat lain untuk mempertahankan kapasitas memori dalam kondisi yang normal.

Baca Juga: LG Akan Rilis Sebuah Smartphone Dual Layar ?

Selain semua yang telah dipaparkan diatas, pembaruan Sistem Operasi (OS) dan aplikasi baru memakan memori yang lebih banyak, karena itu jika ponsel kita menerima pembaruan sistem operasi Android, maka pembaruan tidak cocok untuk perangkat Anda dengan RAM dan ROM yang kecil. Untuk ponsel dengan RAM dan ROM yang kecil, pembaruan OS malah memperlambat ponsel. Bisa juga pengembang OS itu malah menambahkan aplikasi bloatware tambahan dalam pembaruan, yang berjalan di latar belakang dan memperlambat performa.

Kemajuan teknologi membuat banyak aplikasi lebih memakan banyak RAM. Khususnya situs web atau gim yang membutuhkan pemrosesan lebih tinggi seiring dengan berkembangnya teknologi. teknologi membuat banyak aplikasi lebih memakan banyak RAM. Khususnya situs web atau gim yang membutuhkan pemrosesan lebih tinggi seiring dengan berkembangnya teknologi. Apabila performa ponsel tak kunjung membaik ketika sudah menghapus berbagai aplikasi dan isi galeri, maka disarankan untuk melakukan reset pabrik (factory reset). Pilihan ini akan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan, ditambah data sampah bawaan. Meskipun penyetelan ulang tidak akan mengembalikan ponsel ke kinerja saat masih baru, setidaknya opsi ini akan membuat ponsel tak lemot. Sebelum akan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan, ditambah data sampah bawaan. Meskipun penyetelan ulang tidak akan mengembalikan ponsel ke kinerja saat masih baru, setidaknya opsi ini akan membuat ponsel tak lemot.

Dikutip dari Popsci, pemilik juga disarankan untuk mengingat ulang berbagai password dalam akun aplikasi karena itu akan dibutuhkan ketika Anda mengunduh aplikasi itu lagi.

0 Komentar