ADA HUKUM FISIKA DI DALAM GAME (Physics) ?


Dalam kehidupan sehari-hari hukum fisika bisa dibilang sanggat mempengaruhi kehidupan manusia,
Seperti hukum grafitasi yang membuat suatu benda jatuh, Gaya yang mempengaruhi sesuatu, kekuatan dan juga energi yang semua berdampak pada bumi kita dan isinya.

Lalu apakah peran hukum-hukum atau gaya ini dalam sebuah game ?, Yang akhir-akhir ini game terlihat seperti simulasi dari kehidupan nyata dan menuju kearah realisme, Dengan kualitas grafik dan juga dalam meniru dunia nyata.
 Dengan semua argumen ini maka bisa dibilang iya, Game juga mengunakan hukum fisika dalam game.

Perhitungan hukum fisika dalam sebuah game berlainan dengan hitungan hukum fisika pada dunia nyata, Karena hukum fisika pada sebuah game hanya bertujuan untuk memberikan perkiraan dekat dengan hukum fisika yang ada pada dunia nyata.

Bisa dibilang akhir-akhir ini penerapan hukum fisika dalam game menjadi salah satu aspek pendukung paling penting dalam pembuatan game, dimana hukum fisika ini digunakan sebagai gimik simulasi hukum fisika di kehidupan nyata, Untuk menjadi daya tarik sebuah game.

Karena game-game yang memiliki hubungan dengan playernya dapat membuat player ketagihan, Yang dalam kasus ini hukum fisika yang ada dalam game dapat membuat player merasa sanggat dekat dengan game tersebut.

Sehingga para player juga dapat dengan bebas bereksperimen dengan hukum fisika yang mungkin tidak bisa dilakukan didunia nyata, Atau bahkan melawan hukum fisika saat memainkan sebuah game.

Dan hal inilah yang menjadikan hukum fisika sebagai daya tarik sebuah game, Bahkan ada beberapa judul game yang menggunakan hukum fisika sebagai dasar gameplaynya, Sebut saja game populer Angry Bird.

Penerapan hukum fisika ini bukan tanpa alasan, Karena seperti yang diketahui bahwa hukum fisika didalam game dibuat sebagai gimik yang membuat daya tarik dari sebuah game, Seperti meningkatkan tingkat keseruan dalam bermain dan juga meningkatkan sisi nyata dalam sebuah game, Maka dari itu penerapan hukum fisika terbagi menjadi dua tingkat yaitu sebagai gimik untuk meningkatkan keseruan pada sebuah game dan penerapan hukum fisika secara realistis, Yang pastinya untuk meningkatkan sisi realistis dari sebuah game.

Penerapan hukum fisika ini tidak hanya digunakan dalam sebuah game, Tapi juga digunakan dalam produksi animasi dan filim dalam membuat efek animasi 3D yang lebih realistik pada software yang digunakan.


Jenis hukum fisika ini ada banyak tapi disini saya akan menyebutkan beberpa saja yaitu Collision Detection, Soft-Body Dynamic, Fluid Dynamics, dan Rigid Body Dynamics.

Dimana ini yang sering digunakan pada sebuah game, Dan akan dapat dikembangkan lagi pada game engine sehingga dapat menjadi hukum fisika yang lebih kompleks.

-  Collision Detection
Adalah dimana objek dapat berinteraksi antar pemain, lingkungan, dan juga objek lainnya sehingga memberikan efek yang realistik karena ini seperti grafitasi, Dimana jika objek bertubrukan dengan lingkungan atau objek lainnya maka objek akan bergerak untuk berhenti di satu tempat.

-Soft-Body Dynamic
Ini berhubungan dengan kepadatan dan juga volume pada sebuah objek, Ketika berinteraksi dengan lingkungan dan benda lainnya, Seperti ketika objek bertubrukan dengan benda lainnya maka akan ada perubahan struktur antara objek yang bertubruka seprti volume ataupun bentuknya.

- Fluid Dynamics
Ini biasa digunakan untuk mensimulasikan air maupun cairan.

-Rigid Body Dynamics
Yang biasanya digunakan pada animasi karakter dan juga untuk destruction pada game.

Dari semua hukum fisika yang ada ini, Akan dapat membentuk sebuah hukum fisika yang dapat digunakan untuk membuat game lebih realistik.

0 Komentar