Apa Itu Game Engine ? Serta Peran Dan Fungsinya Dalam Dunia Game

Ketika kita memainkan sebuah game, Seperti game FPS, RPG, Open World, Multiplayer, dan game-game yang lain, Kita bisa tau bahwa game itu berjalan semestinya sesuai apa yang telah ditentukan dalam skripnya dan perintah-perintah yang berjalan didalam game.
Tapi mari kita galih lebih dalam lagi, atau ketika game berjalan pada PC atau Consol game, Bagaimana game itu sebelumnya dapat dibuat dengan tepat sesuai dengan developer game sehingga bisa menjadi sebuah game.
Game itu dapat dibuat oleh developer dengan menggunakan perangkat lunak dan perangkat keras, Yang digunakan untuk membuat sebuah game dan salah satunya adalah dari perangkat lunak yang digunakan yaitu GAME ENGINE, Yang menjadi faktor penting dalam pembuatan game.
Game Engine adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat dan mengembangkan video game, Yang dapat berupa PC, Consol, ataupun game Mobile yang dalam proses pengembangannya sebuah game.
Game egine bertugas untuk merender game, Membuat Physics(memasang hukum fisika) pada game, Melakukan Scripting, Mengatur proses game pada CPU, Sampai membuat screen cinematic pada game.

Berbeda dengan sebelum adanya game engine, Game yang dibuat oleh developer dibuat secara tunggal, Untuk Istilah game engine pertama kali muncul sekitar 1990-an ketika game 3D mulai muncul seperti:
DOOM
Pada tahun 1993 yang menggunakan engine id Tech 1, dan juga game
Quake
Pada tahun 1996 menggunakan engine Quake, Yang sekarang game engine ini telah dikembangkan sampai bernama Source engine.

Dimana game engine yang digunakan untuk membuat game :
Counter Strike
Left4Dead
Dota
Dan juga game valve lainnya, Dengan popularitas dan juga lebih mudah nya developer dalam membuat game, Menggunakan game engine membuat developer mengembangkan game engine untuk game mereka, Seperti  :
Unreal engine
Dunia engine
Frostbite engine

Dan bahkan beberpa game yang telah dibuat oleh developer itu sendiri dapat dimanfaatkan Source Code nya untuk dijadikan game engine, Yang dapat dimanfaatkan developer untuk membuat game lainnya.
Game engine juga memberikan kemudahan bagi developer game dalam membuat gamenya, Dan bukan hanya lebih mudah saja akan tetapi juga developer game bahkan bisa membuat gamenya dengan lebih baik.
Karena game engine memiliki source code yang dapat dikembangkan untuk game baru lagi yang inggin dibuat, Tanpa perlu merubah game yang sedang dikembangkan.
Karena game engine ini seperti layaknya sebuah pabrik, Yang memperoduksi barang dan jika barang inggin di modifikasi atau menambahkan fitur lain maka yang perlu disesuaikan, Adalah dengan menambahkan kemampuan ke pabrik agar sesuai dengan barang yang inggin dimodifikasi.
Selain itu game engine memiliki source code yang dapat dikombinasikan dengan Middleware Components Seperti:
Havok
Digunakan untuk menambahkan hukum fisika kedalam sebuah game atau menambahkan Physics.
Miles
Untuk menbahkan efek suara atau sound pada game.
BINK
Untuk menambahkan video dalam game.
Dan jika dikombinasikan dapat membuat sebuah Costume engine seperti Engine renderware, Yang dapat dikombinasikan dengan Middleware Components.
Dan game engine ini adalah sebuah engine yang digunakan untuk membuat game GTA San Andreas
Dalam sebuah game engine memiki beberapa Components yang dapat dikelompokan yang digunakan untuk membuat game yaitu:
-Main Game Program
yang digunakan untuk membuat sebuah logika dan algoritma pada game.
-Rendering Engine
untuk menampilkan hasil animasi 3d grafiks pada game.
-Audio Engine
komponen yang terdiri dari algoritma yang digunkan pada sound game.
-Pysics Engine
untuk mensimulasikan fisikanyata pada game untuk memberikan efek yang lebih nyata.
-Artificial Intellegence (AI)
yaitu kecerdasan buatan yang biasa nya digunakan pada NPC.

Dan itulah komponen yang ada pada game engine yang digunakan dalam membuat sebuah game, Dan pada saat sekarang ini game engine terus mengalami perkembangan, Mulai dari grafik sampai proses logika dan juga Pysics yang membuat game menjadi lebih baik atau kelihatannyata.
Dengan banyaknya game engine membuat para indie game bisa membuat kreasi lebih luas tanpa perlu memikirkan biaya, Bahkan developer game memiliki engine nya tersendiri untuk dapat membuat gamenya lebih leluasa dalam memodifikasi gamenya.   








0 Komentar