KENAPA KITA MENGGUNAKAN WASD PADA SAAT BERMAIN GAME ?

Saat kita bermain game kita akan menggunakan WASD, Entah untuk berjalan, Berlari, Maupun bergerak, Namun sejak kapan kah WASD ini digunakan ?, Dan siapa kah yang menemukan atau mengusulkannya hingga menjadi standar dalam game saat ini ?.

WASD
Untuk itulah mari kita galih lebih dalam dan kita cari tau, Sejak kapan WASD ini digunakan,
Di mulai dengan awal game pertama yang menerapkan sistem free look yaitu Game QUAKE pada tahun 1996, Dimana player dapat bergerak bebas dan juga melihat kiri, kanan, atas, bawah.
QUAKE

Game Quake sendiri yang dirilis pada tahun 1996, Belom memiliki sebuah standar dalam penggunaan tombol baik bergerak maupun melihat.

Dan hanya menyediakan menu Costomize Controls, Yang bisa player gunakan untuk menentukan sendiri tombol yang akan digunakan untuk bergerak maupun melihat.

Kebanyakan player pada tahun itu menggunakan tombol alfabet untuk melihat, Sedangkan early key digunakan untuk bergerak.

Belum ada penggunaan kombinasi mouse dan keyboard pada saat itu, Orang pertama yang mempopulerkan kombinasi WASD adalah Dennis Fong.

Dennis Fong
Yang merupakan profesional game pertama yang dikampanyekan oleh presiden Clinton, Pada tahun 1996.

presiden Clinton
Denis merupakan profesional game FPS(First-person shooter) seperti Quake dan DOOM.
DOOM

Quake

Awalnya Dennis beranggapan bahwa penggunaan keyboard untuk melihat tidak lah efektif, Karena player akan membutuhkan waktu untuk berbalik badan, Apa lagi dalam sebuah pertandingan game, Maka dari itu Dennis menggunakan mouse untuk melihat dan dikombinasikan dengan keyboard untuk bergerak.

Tapi dennis tidak menggunakan early key untuk bergerak, Melainkan menggunakan kombinasi WASD.

Pada masa itu standarisasi tombol untuk bergerak dan melihat belum ada, Tapi standar tombol untuk mengganti senjata sudah ada yaitu dengan tombol angka, Maka dari itu dennis merasa kombinasi WASD yang iya gunakan merupakan kombinasi yang paling nyaman, Karena tangan kiri kita dapat lebih mudah menjangkau tombol angka dan juga bisa digunakan dengan tombol shift dan control.

Yang jelas penggunaan kombinasi WASD akan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan menggunakan early key untuk berjalan.

Kobinasi WASD ini dennis gunakan dalam setiap pertandingannya, Dan membuat gamers lain untuk menggunakan kombinasi WASD ini juga.

Programmer John Carmack menggunakan kombinasi WASD untuk konfigurasi standar bergerak dalam game QUAKE 2, Yang dirilis pada tahun 1997 sehinga membuat player tidak perlu repot untuk mentukan kombinasi tombol yang akan mereka gunakan.

John Carmack

QUAKE 2
Setelah itu beberapa game free look juga menggunakan kombinasi WASD ini, Termasuk game terkenal Half-Life juga menggunakan konfigurasi mouse, keyboard, dan tombol WASD sebagai standar konfigurasi mereka.

Half-Life
Dan sejak saat itu WASD menjadi sesuatu standar yang digunakan player untuk bergerak,berjalan, dan berlari.

0 Komentar