WASD |
Untuk itulah mari kita galih lebih dalam dan kita cari tau, Sejak kapan WASD ini digunakan,
Di mulai dengan awal game pertama yang menerapkan sistem free look yaitu Game
QUAKE pada tahun 1996, Dimana player dapat bergerak bebas dan juga melihat
kiri, kanan, atas, bawah.
QUAKE |
Game Quake sendiri yang dirilis pada tahun 1996, Belom
memiliki sebuah standar dalam penggunaan tombol baik bergerak maupun melihat.
Dan hanya menyediakan menu Costomize Controls, Yang bisa
player gunakan untuk menentukan sendiri tombol yang akan digunakan untuk
bergerak maupun melihat.
Kebanyakan player pada tahun itu menggunakan tombol alfabet
untuk melihat, Sedangkan early key digunakan untuk bergerak.
Belum ada penggunaan kombinasi mouse dan keyboard pada saat
itu, Orang pertama yang mempopulerkan kombinasi WASD adalah Dennis Fong.
Dennis Fong |
Yang merupakan profesional game pertama yang dikampanyekan oleh
presiden Clinton, Pada tahun 1996.
presiden Clinton |
Denis merupakan profesional game FPS(First-person shooter) seperti Quake dan DOOM.
DOOM |
Quake |
Awalnya Dennis beranggapan bahwa penggunaan keyboard untuk
melihat tidak lah efektif, Karena player akan membutuhkan waktu untuk berbalik
badan, Apa lagi dalam sebuah pertandingan game, Maka dari itu Dennis menggunakan
mouse untuk melihat dan dikombinasikan dengan keyboard untuk bergerak.
Tapi dennis tidak menggunakan early key untuk bergerak, Melainkan
menggunakan kombinasi WASD.
Pada masa itu standarisasi tombol untuk bergerak dan melihat
belum ada, Tapi standar tombol untuk mengganti senjata sudah ada yaitu dengan
tombol angka, Maka dari itu dennis merasa kombinasi WASD yang iya gunakan
merupakan kombinasi yang paling nyaman, Karena tangan kiri kita dapat lebih
mudah menjangkau tombol angka dan juga bisa digunakan dengan tombol shift dan
control.
Yang jelas penggunaan kombinasi WASD akan lebih mudah
digunakan dibandingkan dengan menggunakan early key untuk berjalan.
Kobinasi WASD ini dennis gunakan dalam setiap
pertandingannya, Dan membuat gamers lain untuk menggunakan kombinasi WASD ini
juga.
Programmer John Carmack menggunakan kombinasi WASD untuk
konfigurasi standar bergerak dalam game QUAKE 2, Yang dirilis pada tahun 1997
sehinga membuat player tidak perlu repot untuk mentukan kombinasi tombol yang
akan mereka gunakan.
John Carmack |
QUAKE 2 |
Setelah itu beberapa game free look juga menggunakan
kombinasi WASD ini, Termasuk game terkenal Half-Life juga menggunakan konfigurasi
mouse, keyboard, dan tombol WASD sebagai standar konfigurasi mereka.
Half-Life |
Dan sejak saat itu WASD menjadi sesuatu standar yang
digunakan player untuk bergerak,berjalan, dan berlari.
0 Komentar