ISTILAH GENRE-GENRE DALAM GAME



https://gamersmine2.blogspot.com/
Genre Game
Genre dalam game ini di bagi berdasarkan tiga kategori yaitu Perangkat, Point View, dan GamePlay.
Jika berdasarkan jenis perangkat maka genre game akan terbagi menjadi 4 jenis, Yaitu:
1. PC Games
Dimana perangkat yang digunakan adalah personal computer.

gamersmine2.blogspot.com
PC
2. Consol
Merupakan perangkat yang dikhususkan untuk bermain game, Contohnya PS dan Xbox.

gamersmine2.blogspot.com
Consol
3. Handheld Game
Ini merupakan perangkat yang sama dengan konsol, Namun yang membedakannya adalah kita memainkannya secara portable yang artinya bisa dimainkan dimana saja.

gamersmine2.blogspot.com
Handheld Game
4. Mobile Game
Yaitu sebuah game yang dimainkan di perangkat mobile.

https://gamersmine2.blogspot.com/
Mobile Game
Genre pertama yang berdasarkan Point View adalah genre FPS (First Person Shooter), Yang merupakan salah satu Genre game paling populer dan paling diminati, Dimana genre ini akan menggambil sudut pandang karakter utama dalam sebuah game, Jadi pada saat dimainkan player akan melihat pandangan sikarakter utama saat memainkan game dengan genre ini.
https://gamersmine2.blogspot.com/
FPS

Jika sebelumnya genre FPS mengambil sudut pandang orang pertama, Maka Berbeda dengan TPS (Third Person Shooter) yang mengambil sudut pandang orang ketiga, Yaitu dimana saat memainkan gamenya maka player akan bisa mengontrol view secara 160 derajat, Genre ini biasanya menjadi dasar berbagai jenis genre lainnya, Seperti open world, Action, Adventurer, Horor, Survival, Dan masih banyak lagi.

https://gamersmine2.blogspot.com/
TPS
Sedangkan berdasarkan gameplay disini kita bisa mulai dengan genre Shooter, Yang merupakan genre yang paling tua di dalam sejarah dunia game, Yang menjadi dasar dari game pertama didunia yaitu SpaceWar, Genre shooter yang sesuai dengan namanya merupakan game yang menuntut player untuk mengalahkan setiap musuh dengan cara menembak, Dan juga menjadi dasar dari beberapa genre game lainnya, Seperti FPS, TPS, Action game, dan beberapa game lainnya.

https://gamersmine2.blogspot.com/
SpaceWar
Genre lainnya yang juga menjadi salah satu genre tertua dalam dunia game adalah sebuah genre Platfrom, Dan menjadi sebuah genre game yang sanggat populer dan disenangi pada tahun 80an sampai dengan tahun 90an, Genre ini akan membawa para pemain dapat merasakan dunia yang linier, Dimana pemain akan terus maju sampai pada tujuan akhir untuk masuk ke level selanjutnya, Dengan melewati rintangan dengan cara Melompat, Menembak, Atau menjatuhkan musuh yang ada.

https://gamersmine2.blogspot.com/
Genre Platfrom
Genre selanjut nya yaitu genre Dance/Rhythm, Yang sesuai namanya genre ini akan hanya berhubungan dengan musik dan dance, Yang menuntut para player agar berjoget maupun memainkan sebuah alat musik, Genre ini adalah genre game yang memiliki begitu banyak fariasi dari Controller, Yang dapat digunakan oleh para pemain, Seperti Dance Pad, Guitar Controller, Drum Controller, Dan masih banyak lagi.
https://gamersmine2.blogspot.com/
Genre Dance/Rhythm

Genre fighting, ini juga merupakan genre game yang paling populer hingga saat ini, Genre ini merupakan genre yang sanggat simple dimana pemain akan berhadapan satu lawan satu, Dengan komputer ataupun melawan pemain lain, Dan harus saling mengalahkan hingga batas waktu yang telah ditentukan, Ataupun dengan jumlah ronde yang ada.
https://gamersmine2.blogspot.com/
Genre fighting

Genre selanjutnya disini adalah genre Sport, Dimana sebetulnya genre ini bisa juga masuk dalam kategori sebuah genre simulasi, Tapi lebih spesifik kepada aktifitas olahraga, Jadi intinya genre ini membuat para pemain berperan menjadi seorang atlit atau menjadi seorang manger.
https://gamersmine2.blogspot.com/
Genre Sport

Selanjutnya yaitu genre Racing, Yang sesuai dengan namanya genre ini akan berhubungan dengan sebuah balapan, Dimana para pemain akan diuji dalam mengendalikan berbagai jenis kendaraan yang ada, Sama seperti genre sport genre ini juga bisa dimasukan atau dikategorikan dalam genre simulasi.

https://gamersmine2.blogspot.com/
Genre Racing
Yang berikutnya yaitu genre simulasi, Yang pada dasarnya game ini memasukan aspek sebuah dunianyata kedalam game, Yang membuat para pemain akan mendapatkan pengalaman bermain seperti pada kehidupan nyata, Dan genre ini menjadi dasar dari berbagai genre lainnya.
https://gamersmine2.blogspot.com/
Genre Simulasi

Berikutnya ada Role Playing Game (RPG), Yang sesuai dengan namanya akan menuntut para pemain memerankan karakter tertentu secara spesifik, Pada genre ini para pemain diberikan kebebasan dalam membuat sebuah karakter sendiri, Selanjutnya para pemain harus mengembangkan krakternya dengan menjalankan sebuah misi yang ada, Dimana ini akan menjadi pengalaman untuk sikarakter yang dipakai, Dan juga yang paling penting yaitu mengelolah inventory dari sikarakter tersebut, Seperti Senjata, Armor, Tool, Dan item konsumsi.
https://gamersmine2.blogspot.com/
Genre RPG

Berikutnya yaitu genre Strategi, Dimana genre ini menuntut para pemain untuk agar berfikir cepat dalam menggambil sebuah keputusan, Genre ini menjadi dasar dari berbagai genre lainnya seperti Real Time Strategi, Trun Base Strategi, Dan juga Moba.
https://gamersmine2.blogspot.com/
Genre Strategi

Dan genre yang paling populer sekarang dan paling digandrungi, Hingga banyak dari developer game meniru genre ini pada gamenya, Yaitu adalah Battle Royale Sebetulnya genre ini merupakan gabungan dari beberepa genre, Yaitu Open world Shooter, Dan Survival Tapi inti dari genre ini yaitu untuk membuat semua pemain bermain dalam satu map untuk saling mengalahkan satu sama lain, Sehingga meninggalkan orang atau tim tangguh yang terakhir bertahan dalam map tersebut.
https://gamersmine2.blogspot.com/
Genre Battle Royale

0 Komentar