Pengertian AI Pada Game

AI atau Artificial Intelligence yang bisa didefinisikan sebagai kecerdasan buatan, Yang dapat bergerak sendiri dan memiliki perannya sendiri, Dan bisa dijumpai pada game Zombie, FPS, RPG, dan Lain-lain.
AI biasanya digunakan ke dalam Non-Playable Character Atau yang disingkat dengan NPC, AI pada game terdiri dari bebagai skrip dan algoritma untuk mengendalikan dunia nya,

Jika game nya semakin kompleks maka akan ada banyak sekali skrip dan algoritma yang digunakan, Jika dilihat pada sejarahnya AI pertama kali digunakan pada game Space Invaders,

Yang membuat musuh nya dapat mengatur serangan dan tembakan secara rendom dan juga mempercepat gerakan ditambah perubahan kesulitan pada game dengan pola yang berbeda-beda. Ini sudah mencakup penggunaan AI pada NPC nya, Setelah game ini kemudian muncul banyak game-game yang memakai AI, Seperti game PAC-MAN

METAL GEAR

DOOM

WOLFENSTEIN 3D

dan beberapa game lainnya. Dan kemudian di era game modern AI menjadi lebih kompleks dan lebih mendalam, Dengan terkadang di game FPS AI lebih baik dalam membidik dan memainkan game tersebut dari pada kemampuan player itu sendiri, Dan itu juga berpengaruh pada mode singgle, Seperti mode Easy, Medium, Hard, Bahkan Expert.
Yang dimana masing-masing mode tersebut mempengaruhi skill AI yang ada, Untuk memberikan kesan yang berbeda pada player dimana contohnya pada mode, Easy dimana pada mode ini musuh lebih mudah dikalahkan karena dimode ini, AI nya atau NPC nya tidak lebih refleks dan tidak tepat dalam menembak atau membidik, Berbeda dengan mode Hard dimana NPC nya atau AI nya bisa mengatasi hal tersebut karena memang sudah diprogram untuk lebih refleks dan tepat dalam membidik dan menembak.
Didalam game terdapat banyak jenis AI tapi untuk singkatnya akan diberikan dua saja, Yaitu Scripting AI dan Random Scripting AI karena dua AI ini lebih luas cakupannya, Scripting AI dimana AI inilah yang bisa dibilang sering digunakan pada game-game yang ada sekarang, Konsep nya dalah IF THEN atau bisa dibayangkan pada game peperangan algoritma nya adalah "Jika player menyerang musuh maka ia akan berlindung dan setelah player berhenti menyerang maka musuh kembali menyerang".
Algoritma ini memang terlihat simple tapi jika di kombinasikan akan lebih kompleks dari yang dilihat, Random Scripting AI dimana ini akan lebih berfariasi dengan konsep IF THEN OR atau algoritmanya akan seperti ini, "Jika player menyerang musuh, maka musuh akan berlindung dan setelah player berhenti menyerang maka musuh kembali menyerang atau pergi mencari tempat lain yang lebih baik untuk berlindung dan menyerang player kembali". Dan jika algoritma ini dikombinasikan akan lebih banyak bahasa pemograman yang ada.

0 Komentar