Dalam game berbasis 3D pemain bisa mengontrol karakter yang
digunakan, Tapi disatu point semua game 3D pasti juga memiliki satu masalah
yang sama, Yang hampir semua pemain merasakan ini.
Contoh Game 3D |
Yaitu glitch contohnya seperti saat kita bermain sebuah
game, Karekter yang kita gunakan bisa terjatuh melewati permukaan dunia di
dalam sebuah game, Dan masuk kedalam dunia tanpa batas.
Contoh Ilustrasinya |
Kenapa fenomena seperti terjatuh melewati permukaan ini bisa
terjadi dalam game ?, Saat kalian bermain game berbasis 3D kalian pasti pernah merasakan terjatuh
melewati permukaan didunia game, Fenomena ini hanya berlaku pada game berbasisi
3D terutama ope world, Saat game masih berbasis 2D fenomena ini tidak pernah
ditemukan, Sebenarnya alasan utama kenapa fenomena ini terjadi karena adanya
sebuah Glitch pada game, Atau pemahaman
sederhananya karena kesalahan sistem komputer dalam mengeksekusi atau dalam
menjalankan sebuah perintah dalam game tersebut.
Jadi jika krakter kita terjatuh melewati permukaan dalam
dunia game, Itu merupakan sebuah Glitch dari game tersebut, Tapi untuk lebih
lanjutnya kita akan bahas adalah bagaimana sebetulnya fenomena ini dapat
terjadi.
Pertama yang harus kita pahami lebih dulu adalah dalam dunia
game, Terdapat sebuah istilah bernama Collision, Arti kata Collision adalah
tabrakan dan untuk didunia game sederhananya Collision merupakan lapisan yang
melapisi setiap 3D model, Agar dapat bersentuhan satu sama lain atau dengan
kata lain tidak saling menembus satu sama lain.
Hal ini agar meniru realitas didunia nyata, Dimana jika dua
benda padat bersentuhan maka akan terdapat sebuah pergesekan, Sehingga tidak
menembus satu sama lainnya.
Nah perbedaan mendasar dari Collision didunia nyata dan
didunia game, Adalah jika didunia nyata sebuah dua benda padat yang
permukaannya saling bersentuhan, Tidak mungkin akan menembus satu sama lain
meskipun hanya 0,00001 inci saja.
Karena benda padat pada dunia nyata memiliki masanya
masing-masing, Atau dengan kata lain bagian dalam dari sebuah benda padat
sanggat solit, Sedangkan pada dunia game dimana sebuah 3D model yang digunakan
tidak memiliki sebuah masa, Atau pada bagian dalam dari sebuah 3D model itu
kosong, Dan lagi Collision ini hanya melapisi bagian luar dari 3D modelnya yang
tidak sampai melapisi sampai dalam 3D model, Jadi jika terjadi sebuah Glitch
dan komputer juga salah dalam mengeksekusi sebuah perintah, Maka akan ada
kemungkinan sebuah 3D model akan menembus satu sama lain karena keduanya tidak
solit seperti didunia nyata.
Selanjutnya yang harus dipahami juga yaitu, Adalah perbedaan
dari permukaan didunia nyata dan permukaan dunia dalam sebuah game, Jika pada
dunia nyata permukaan yang seharusnya kita injak merupakan permukaan yang
sanggat solit, Yang tersusun dari berbagai lapisan material sampai ke inti
bumi, Meskipun secara harfia kita dapat menggali permukaan tersebut hingga
kelapisan-lapisan selanjutnya, Tapi sangat lah tidak mungkin kita bisa secara
tiba-tiba terjatuh melewati permukaan dalam dunianyata, Seperti fenomena yang
terjadi dalam dunia game.
Sedangkan dalam dunia game, Permukaan yang diinjak karakter
game hanya berupa sebuah layer, Atau hanya berupa satu lapisan saja dan dibawa
layer tersebut adalah dunia tanpa batas, Sebenarnya para developer bisa menambahkan
berlapis-lapis layer untuk sebuah permukaan dalam dunia game, Tapi sepertinya
itu akan membuat sebuah game tersebut semakin berat, Karena harus merender
lebih banyak material lagi, Dan juga memberikan berlapis-lapis layer didunia
game akan percuma, Karena para pemain tidak akan peduli dengan itu, Untuk itu
lapisan permukaan dalam dunia game hanya berupa layer dan tidak berlapis-lapis
seperti pada dunia nyata.
0 Komentar