Kampus ITS Adakan Wisuda Virtual Menggunakan Minecraft ?

Pada saat pandemi Covid-19 ini terjadi, Banyak acara yang harus dibatalkan atau ditunda karena penyebaran yang sangat masif dari pandemi yang satu ini. Atau setidaknya harus beralih ke cara online atau daring dalam pelaksanaannya. Hal yang sama juga yang harus dijalani oleh banyak mahasiswa yang wisuda tahun ini namun harus melakukan semua prosesinya secara online dari rumah masing-masing.
Untuk memeriahkan wisudah online ini, salah satu kampus yaitu ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya tetap menyiarkan semua prosesi wisuda lewat channel Youtube-nya seperti wisuda pada umumnya. Yang unik sekaligus lucu adalah prosesi virtual wisuda tersebut dilakukan menggunakan game Minecraft. Kalian dapat melihatnya sendiri pada menit 22:25 video di atas dimana bentuk gedung wisuda Graha ITS dibuat dalam bentuk Minecraft, serta semua prosesi wisuda pada umumnya mulai masuk gedung, berjalan dan menaiki panggung untuk mengambil ijazah, dipindah tali toganya, hingga akhirnya berjalan keluar. Bahkan ada interaksi juga dengan rektor.


Simulasi wisudah menggunakan game Minecraft ini, dikerjakan oleh tim dari Departemen Teknik Informatika ITS menggunakan Minecraft Education Edition yang memang sudah dilanggan oleh pihak kampus. Dipimpin oleh dosen Hadziq Fabroyir, 14 orang dalam tim tersebut membuat bangunan virtual dari gedung Graha ITS tersebut untuk memeriahkan wisuda yang harusnya digelar Maret kemarin.
Sebenarnya tim dari pembuat virtual ini, sempat kurang referensi terkait bentuk gedung karena memang tidak ada yang ingat bagaimana bentuknya secara detail dan tidak mungkin survey ke lokasi pada masa pandemi ini. “Akhirnya, kami merangkai konstruksi graha di Minecraft berdasarkan gambar-gambar yang kami kumpulkan dari internet,” ujar Hadziq.
pada pelaksanaan simulasi tersebut juga dilakukan secara langsung ketika Wisuda tersebut acara dilaksanakan. Komunikasi antar pemain yang bergabung di proses Wisuda Minecraft ITS dilakukan melalui Discord. Zoom hanya menerima video feed dari OBS Virtual Camera yang ditransmisikan dari server Minecraft ITS. Walaupun begitu, simulasi ini hanya dilakukan untuk pembukaan saja. Sedangkan acara wisuda selanjutnya dilakukan tanpa Minecraft namun tetap secara digital dimana nama setiap wisudawan akan tetap dipanggil satu persatu dengan ditampilkan foto sang mahasiswa.

0 Komentar